Slamat Datang

Selamat Datang di Blog Saya... Jangan Lupa Tinggalkan Komentar Dan FollownyaThanks By Dewi SS.

Rabu, 20 Mei 2015

Siklus Hidup Produk

“ SIKLUS HIDUP PRODUK “

A.          Perkenalan (Introduction)

v   Robot Receptionist Jepang (Actroid)
  

Semakin canggihnya perkembangan teknologi di dunia, terutama di Jepang, membuat banyaknya penemuan baru di bidang teknologi di antaranya robot yang dikeluarkan pada tanggal 10 Februari 2015. Henn-na hotel di Jepang menawarkan konsep masa depan kepada pengunjungnya. Hotel ini akan dikelola hampir seluruhnya oleh robot. Kabarnya hotel yang berjumlah 72 kamar ini akan dibuka pada 17 Juli 2015 mendatang. Biaya per kamar diperkirakan sekitar Rp 800 ribu/malam hingga Rp 1 juta untuk twin room dan kamar paling mahal berkisar Rp 4,5 juta.

Strategi Pasar Yang dilakukan :
a)        Membuat hal yang lebih unik yaitu, robot teknologi keluaran Jepang tersebut dapat berbicara dalam beberapa bahasa di antaranya Jepang, Korea, China, dan Inggris, yang akan memudahkan setiap pengunjung untuk berkomunikasi. Selain itu robot tersenut juga seperti terlihat nyata, bisa bernapas, berkedip, membuat kontak mata maupun mengubah bahasa tubuh mereka.
b)        Tiga robot berseragam akan ditempatkan di meja penerima tamu, empat lainnya sebagai pengantar barang dan sisanya sebagai petugas kebersihan. Sementara pegawai manusia akan bekerja untuk memastikan semuanya lancar. Sehingga akan lebih efisien.
c)        Hideo Sawada sebagai presiden direkturhotel tersebut akan membuat hotel tersebut menjadi hotel paling efisien di Dunia. Dengan harapan 90% tugas hotel dapat dikerjakan robot dan lebih canggihnya, nanti tamu tidak akan membutuhkan kunci kamar karena pintu kamar dilengkapi dengan pemindai wajah.
d)        Menarik perhatian pengunjung dengan mengedepankan teknologi hotel cerdas, yang diharapkan bisa menyebar ke seluruh Jepang dan bahkan dunia.
e)        Hotel Henn-na ini nantinya akan membuat mayoritas robot actroid yang mereka gunakan adalah berwujud wanita cantik.

B.          Tahap Pengenalan (Introduction)

v   Paddle Pop Atlantos



Strategi Pasar Yang dilakukan :
a)        Memanjakan konsumen sesuai kebutuhan. Sebagai produsen es krim Walls ternyata bisa memanjakan para konsumennya sesuai dengan kebutuhan mereka. Hal ini bisa kita lihat dari banyaknya varian rasa es krim yang ditawarkan dan juga dengan peluncuran produk terbaru yang sudah mulai berkembang dari Walls yaitu Paddle Pop Atlantos, dengan kisaran harga yang dapat dijangkau oleh segmen pasar dan bermacam-macam ukuran untuk memenuhi kebutuhan konsumen individu maupun kemasan besar untuk membidik konsumen keluarga.

b)        Membangun loyalitas konsumen dengan berbagai macam hadiah dengan membeli Paddle Pop Atlantos dan mengumpulkan steaknya dan pemenang akan memperoleh hadiah berupa paket liburan ke Disney Tokyo dan tenpat-tempat lain.
Jeli dalam melihat peluang dan cerdas dalam menentukan strategi pemasaran. Inilah yang menjadikan Paddle Pop Atlantos dicintai para konsumennya.

c)        Memancing rasa penasaran konsumen dengan memberikan kejutan-kejutan dan hadiah menarik dari setiap pembelian Paddle Pop Atlantos.

d)       Mengusung konsep baru untuk membranding ulang produk lama. Bila pelaku bisnis lainnya memilih membuat produk baru untuk mendatangkan banyak konsumen. Maka lain halnya dengan produsen es krim Wall’s yang lebih mengusung konsep unik untuk membranding ulang produk lama. Strategi seperti ini bisa kita lihat dari konsep unik Magnum Cafe yang beberapa waktu lalu dibuka di kota-kota besar seperti Bandung dan Jakarta, dimana sang produsen sengaja mengangkat kembali brand Magnum yang biasanya dihargai Rp 11.000,00 per bungkus, menjadi lebih eksklusif setelah dikreasikan dalam varian menu baru yang harga jualnya bisa menjangkau Rp 35.000,00 per porsi di Magnum Cafe.

C.          Tahap Kedewasaan (Maturity)

v   Citra Body Lotion

Citra telah ada di pasar produk perawatan kulit Indonesia sejak tahun 1984. Dengan usia yang matang, Citra hand & body lotion ini pun semakian matang dalam menyusun strategi pemasarannya. Citra memilki segmen wanita dalam berbagai rentang usia, mulai dari remaja hingga wanita dewasa. Hal ini dapat kita lihat dari iklan Citra yang ditayangkan oleh berbagai stasiun televisi. Model dalam iklan Citra ada yang merupakan sosok gadis remaja. Tapi, ada juga yang merupakan sosok wanita dewasa seperti artis cantik Maudy Koesnaedi yang membintangi iklan Rumah Cantik Citra.
Lotion Citra yang dikenal sebagai produk perawatan atau lebih tepatnya pemutih kulit berhasil menjadi market leader selama bertahun-tahun. Berdasarkan survey yang dilaksanakan oleh frontier consulting group tahun 2013, Citra menjadi top brand yang betah bertengger di posisi pertama dengan index sebesar 52,5%. Artinya, Citra telah menguasai lebih dari 50% pasar sehingga dapat dikategorikan sebagai produk yang tangguh dan berkualitas.

Strategi Pasar Yang dilakukan :
a.       Untuk menjaga konsumen agar tidak jenuh, Citra cukup inovatif dalam mengeluarkan berbagai varian. Salah satu varian terbaru yang diluncurkan yaitu Citra Night Whitening Lotion. Dengan adanya produk baru ini Unilever sebagai induk perusahaan Citra mencoba mengedukasi segmen pasar dengan memberitahukan bahwa malam hari adalah waktu yang ideal untuk melakukan perawatan kulit.

b.      Dengan harga yang relatif terjangkau, Citra dapat digunakan oleh wanita dari berbagai segmen. Tapi, dengan banyaknya produk sejenis yang menawarkan harga yang jauh lebih murah justru menunjukkan bahwa Citra merupakan produk yang terjangkau tapi bukan murahan. Citra pun membuat produk sachet yang dipasarkan di warung-warung sehingga lebih mudah didapatkan.

c.       Dari segi promosi, Citra aktif melaksanakan strategi above the line seperti beriklan di televisi, media cetak, atau outdoor advertising. Tapi, ada satu strategi berbeda yang disajikan oleh Citra, yaitu dibuatnya Rumah Cantik Citra sebagai sarana para wanita untuk memperkaya kecantikan dan memanjakan diri dengan perawatan-perawatan spesial ala produk Citra. Di Rumah Cantik Citra, pengunjung dapat menikmati berbagai perawatan kecantikan serta mempelajari berbagai teknik dan pengetahuan mengenai perawatan holistik sehingga mereka dapat mengontrol emosi mereka dan menyegarkan pikiran mereka dan dapat sungguh-sungguh merasa cantik luar dalam.

d.      Pembentukan event marketing seperti Rumah Cantik Citra dimana konsumen dapat mempunyai interaksi langsung terhadap suatu produk, dapat meningkatkan ekuitas merek dan meningkatkan kesetiaan pelanggan. Hal ini dapat menjadi suatu tolak ukur bagi event marketing yang dapat dilakukan oleh perusahaan terutama produsen produk perawatan tubuh. Bagi pengunjung Rumah Cantik Citra, program event marketing ini menjadi suatu cara bagi mereka untuk mengenal lebih dekat produk Citra dan mereka bisa merasakan manfaat produknya secara langsung.

Sumber :

D.          Tahap Penurunan (Decline)

v   NOKIA (Handphone)




Penjualan Nokia Jauh Menurun!Kuartal tiga tahun 2012 tampaknya menjadi periode yang sangat buruk bagi Nokia. Perusahaan perangkat telekomunikasi asal Finlandia tersebut dikabarkan mencatatkan penurunan drastis untuk jumlah produk ponsel yang berhasil mereka jual sepanjang kuartal tersebut. Hal tersebut membuat perusahaan tersebut menderita kerugian dalam jumlah yang cukup besar.
Berdasarkan laporan keuangan yang dipublikasikan oleh perusahaan tersebut, selama kuartal ketiga, mereka berhasil menjual 82,9 juta ponsel, dengan 6,3 juta diantaranya adalah perangkat smartphone, termasuk Lumia. Angka tersebut turun cukup drastis bila dibandingkan dengan angka yang berhasil mereka catatkan di kuartal yang sama di tahun 2011 lalu, dimana mereka berhasil menjual 106,6 juta ponsel dengan 16,8 juta diantaranya adalah perangkat smartphone. Bila dibandingkan dengan kuartal kedua tahun 2012, penjualan smartphone dari Nokia juga mengalami penurunan, dimana pada kuartal kedua mereka berhasil menjual 10,2 juta smartphone.
Menurunnya penjualan ponsel tersebut juga berimbas buruk pada keuangan Nokia. Nilai total penjualan produk sebesar € 7,2 juta yang dibukukan perusahaan tersebut tidak bisa menutup biaya produksi dan biaya total operasional sepanjang kuartal tersebut yang berakibat pada kerugian total sebesar € 969 juta.

Srategi Pasar Yang dilakukan :
a)      Nokia sedang berjuang dari kegagalan. Kali ini, produsen ponsel ini sedang berpikir meninggalkan strategi pemasaran tradisionalnya dengan peluncuran ponsel berbasis Windows 8. Produsen ponsel asal Finlandia melakukan  perundingan dengan operator telekomunikasi Eropa. Nokia memiliki kesempatan eksklusif untuk meluncurkan ponsel dengan platform Windows 8 dari Microsoft untuk meningkatkan hasil penjualan.

b)      Platform Windows 8 akan disematkan dalam Nokia Lumia 910 atau Lumia 1001. Dimana sebelumnya Nokia melakukan penjualan dengan menerapkan strategi yang bergantung pada bagaimana orang sebanyak mungkin bisa mendapatkan Nokia melalui beragam channel dengan cepat. Namun, pendekatan lama tersebut akan dihapus. Ini dilakukan dalam rangka mendukung kemitraan yang membantu menciptakan dukungan khusus bagi smartphone melalui beberapa jaringan di Eropa.

c)      Strategi pasar yang juga diterapkan ialah mendesain beragam jenis ponsel untuk semua jenis segmen pasar. Artinya ia menjalankan strategi multi product for multi market segment. Kalau kita amati, semua kelas ponsel, mulai dari kelas low end hingga kelas high end dimasuki oleh produk Nokia. Dengan strategi ini maka Nokia bisa melakukan penetrasi ke semua lapisan pasar.

d)     Desain produk yang memang menarik dan elegan. Kalau kita perhatikan hampir semua produk ponsel Nokia memiliki desain yang menarik dan relatif disukai oleh pasar. Sebagian besar ponsel Nokia memiliki jenis batangan, jenis ponsel yang memang relatif disukai oleh pengguna ponsel di tanah air. Dan bukan jenis clamshell atau keong). Selain menarik dan elegan, produk Nokia juga relatif memiliki tingkat keawetan yang bagus. Artinya ponselnya tahan banting sehingga bisa digunakan dalam waktu relatif lama.

e)      Mengingat dinamika pasar yang makin tinggi, Nokia kini juga memperkenalkan ragam produk yang menyasar pada kebutuhan gaya hidup, misal ponsel music, ponse khusus untuk chating, ataupun ponsel yang memiliki mutu kamera yang bagus.


Tidak ada komentar :

Posting Komentar